Kamis, 01 Maret 2012

Aku sedang bicara kepada mu,  anak muda seusia ku. Mungkin usia kita sama.  Aku juga tidak berhak menasehati, Tapi aku mencoba untuk berdiskusi tentang orientasi. Tentang manfaat, tentang membangun semangat, tentang menghidupkan lilin-lilin kecil masa depan bagi mereka yang tidak tau bagaimana menghidupkannya. 

Aku pikir, ternyata menjadi delegasi indonesia dan jalan-jalan ke luar negeri bukan hal yang keren lagi ketika yang dilakukan adalah hanya mengupload foto di facebook sambil update status bahwa kamu berada disini dan disana. Orang hanya akan melihatmu di menara gading sambil iri dan tidak tau hal lain apa yang bisa kamu bagi ke mereka selain gambaran "negeri orang" dalam foto-foto mu yang diambil sambil tersenyum. Mereka yang melihatmu mungkin tidak tau apa yang kamu dapat disana selain perjalanan menyenangkan dengan dunia yang mungkin belum pernah mereka pijak. 

Aku tidak tau pemikiran semua orang tentang foto mu, Bila yang terbit dalam hati adalah iri, maka kamu yang memacunya karena foto dan update status mu di facebook dan twitter tidak banyak berguna bagi mereka. eksistensi dirimu barangkali bisa meredupkan eksistensi banyak orang. Kawan, ada banyak orang yang merasa tidak seberuntung dirimu di dunia ini. terlalu naif bila kamu menambahi perasaan ketidak beruntungannya dengan capaian prestasi tanpa memberitau mereka bagaimana cara meraihnya. Apa hikmah yang kamu dapat saat kamu menginjakkan kakimu di negeri baru itu.

Dunia ini sebenarnya terlalu sempit, orang dapat mengetahui informasi tentang dunia diluar sana hanya dengan ketikan jari. Orang dapat berkunjung ke lain benua hanya dalam beberapa jam. Tapi bagaimana suasana bathin mu, bagaimana pengalaman emosional dan spiritualmu dan orang macam apa yang kamu temui disana akan membuka cakrawala orang tentang apa yang kamu lakukan. Berceritalah, tulis apa yang kamu dapatkan disana. banyak hal di dunia ini yang perlu diketahui. Banyak hikmah di dunia ini yang perlu diketahui orang. Banyak yang orang butuhkan untuk motivasi dalam hidup ini.

Aku berbicara seperti ini bukan berarti aku telah melakukannya dengan benar. Tapi aku perlu melagkah bersama anak muda lain untuk menumbuhkan semangat orang-orang yang perlu dibangkitkan. Bahwa mereka mampu menaklukan dunia. Mereka perlu tau caranya, mereka perlu motivasi untuk menjelajahi dunia dan jadi anak muda Indonesia yang bersinar di mata dunia. Ayolah kawan, jiwa muda ini terlalu sayang untuk dinikmati sendiri. 

Aku mencoba berfikir, apa orientasi orang2 untuk menjelajah dunia. apa yang mereka persembahkan untuk orang2 sekitarnya, Aku melihat diriku sendiri dan tertunduk malu karna aku pun belum berbuat apa2. Aku belum pernah membantu seseorang menggapai impiannya. Aku belum membantu orang untuk menghidupkan semangat hidup anak muda lain. Aku belum pernah membantu orang untuk mengaktualkan potensinya. Aku begitu kecil untuk mengangkat semuanya. 

Lewat ini, aku mengajak semuanya. Teman2 ku yang hebat untuk berbagi lebih.  Bersama-sama mencerahkan orientasi, Apa sih yang ingin kalian cari dari berbagai kegiatan yang diikuti, apa yang ingin kalian bagi dari banyak hal yang kalian dapat. Apa yang kalian berikan untuk negeri ini. 

Rasanya aku berbicara tentang sesuatu yang ideal. Tapi bermimpi itu boleh kan... Dunia yang ideal adalah impian alami semua manusia. Kita bisa menciptakannya. Kalau kita mau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Kamu?