Kamis, 16 Februari 2012

Tips Sukses Bikin Paspor Tanpa Calo

Perjalanan ke luar negeri adalah impian hampir setiap orang yang berjiwa petualang. langkah pertama untuk mewujudkan perjalanan ke luar negeri adalah membuat Paspor. Nah... Buruknya citra birokrasi Indonesia membuat kita berfikir bahwa urusan paspor dan segala macamnya itu mahal. Padahal untuk membuat paspor cuma dibutuhin dana Rp.255.000 tanpa calo. Buat yang belum tau caranya, ikutin tips ini :

1. Buka Situs Imigrasi ini dulu untuk mencari segala informasi mengenai wilayah kantor imigrasi terdekat. Ada juga pilihan tentang membuat paspor secara online dengan men-scan data-data yang dibutuhkan seperti akta kelahiran/ijazah dan KTP.

2. Menuju ke kantor imigrasi terdekat pagi-pagi banget. Apalagi yang wilayah nya kantor imigrasi kelas 1 jakarta. Loket dibuka jam 8 pagi, tapi antrian dari jam 7 udah banyak bangeeet... Makanya pagi2 mesti udah ada di kantor imigrasi. Karena menurut petugas, jam 11 siang loket udah tutup dan antrian udah membludak. Antrian akan makin gila menjelang hari2 liburan. Jadi pilihlah hari2 biasa.

3. Di kantor imigrasi, kita diwajibkan ambil nomer antrian, trus beli stopmap imigrasi di koprasi. Harganya 5.000. Di dalam stopmap itu ada formulir pengisian paspor. Sertakan juga fotocopy KTP n dokumen lainnya sesuai instruksi. Pilih paspor 48 halaman karna paspor 24 halaman itu paspor khusus untuk keluarga PKI. Wah masih ada juga ya diskriminasi gitu.

4. Tunggu antrian. Setelah kita dipanggil, kita nyerahin dokumen2 dan ngeliatin dokumen aslinya. Habis itu, kita dikasih antrian foto. Nunggu lagi untuk ambil kartu antrian foto n dipanggil untuk bayar.

5. Di iklan imigrasi emang paspor jadi 4 hari. Tapi 4 hari yang dimaksud adalah setelah kita foto. Padahal dari hari pendaftaran sampai akhirnya ada panggilan foto itu lamanya 2 hari kerja. Jadi kita balik ke dinas imigrasi 2 hari kemudian dan nunggu lagi 4 hari kerja sampai paspor kita jadi. Itupun kalau seandainya kita fotonya sorean, paspor kita jadi sore juga di tanggal yg ditentukan. Nggak bisa jadi pagi.

6. 2 Hari kemudian, kita dateng lagi ke dinas imigrasi tanpa harus ambil antrian karna pas bayar paspor itu kita udah dapet nomer antrian, Tunggu... duduk anteng dan waktu no antrian kamu dipanggil sama mbak-mbak imigrasi lewat microfon, kamu masuk ke ruangan khusus untuk foto dan wawancara. Foto nya itu mesti keliatan semua muka dan nggak ada alis yg tersembunyi. Soalnya pas aku foto paspor, jilbabku ada yg nutupin sebagian alis. Aku harus benerin jilbab sampai alis bener2 keliatan semua dan bentuk muka jelas sejelas-jelasnya.

7. Wawancara. Cuma ditanya mau jalan kemana gitu2 deh. Nggak kayak wawancara kerja, kayak formalitas aja.

8. Tunggu sampai paspor kamu dijanjiin jadi sesuai harinya, Setelah di hari kamu dijanjiin itu tiba, kamu tetep mesti antri buat ambil paspor dengan cara naruh no antrian kamu di loket pengambilan paspor. Kali ini nama kamu yang bakalan dipanggil.

9. Paspor udah jadi... Selamat menjelajah dunia kawan :), untuk keamanan, scan lah halaman depan paspor kamu atau fotocopy halaman depan paspor kamu. Sewaktu2 kamu bakalan butuh lho...

Saran :
Misal, paspor kamu menurut dinas imigrasi baru bisa jadi sore jam 5. Padahal pesawat kamu sesuai tiket harus berangkat jam 5 sore juga. Kamu minta pengertian bapak2 petugas yg urus paspor aja sambil ngelampirin tiket kamu. Dengan muka semelas mungkin, kalau perlu kamu nangis deh di depan petugasnya.
Nanti petugas akan bantu mempercepat paspor kamu tanpa dibayar. Kamu cuma perlu bolak balik kantor bagian dalem imigrasi buat nungguin petugas yang berwenang buat tandatangan, Tugas kemanusiaan gitu.

Kejadian ini bener2 aku alami pas mau berangkat ke Iran. Waktu itu aku bikin di Kantor dinas Imigrasi kelas 1 Jakarta Selatan. Karena waktu itu untuk pemesanan tiket cuma butuh nama sesuai dengan paspor alias Nggak butuh nomer paspor. Jadinya aku bisa pesan tiket walau paspor belum jadi. Padahal beberapa travel memerlukan  nomer paspor buat pesen tiket. Aku aja yang beruntung. Nekat abis deh pokoknya waktu itu. Kalau paspor belum jadi, aku tekor duit buat bayar travel  berjuta2. Thx ya dinas Imigrasi Jakarta Selatan. You Know me so well lah... hehehe :P